Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Belum Dimasukkan PSN, Ini Alasannya

Kamis, 16 Mei 2024 | 19:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mengusulkan proyek perpanjangan kereta cepat Jakarta-Surabaya, Jawa Timur dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, salah satu pertimbangan Kemenhub belum mengajukan proyek ini ke PSN adalah rangkaian proses studi yang belum rampung. Selain itu, Adita menuturkan pendanaan terkait proyek ini juga belum mencapai kepastian yang optimal.

Dia mengatakan, studi dan kepastian pendanaan menjadi beberapa persyaratan sebuah proyek dapat diusulkan untuk masuk dalam PSN. Namun, Adita tidak memperinci secara detail apakah Kemenhub berencana untuk mengusulkan proyek ini dimasukkan ke PSN dalam waktu dekat.

"Beberapa persyaratan itu masih dalam proses, jadi kami masih belum bisa usulkan (Kereta Cepat Jakarta-Surabaya) untuk masuk PSN saat ini," kata Adita seperti dikutip, Kamis (16/5/2024).

Secara terpisah, General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, proses perpanjangan jalur kereta cepat ke Surabaya masih terus dibahas oleh pemerintah.

Eva menyebut, saat ini tengah dilaksanakan kajian bersama penyusunan pra studi kelayakan atau feasibility sudy (FS). Selain itu, koordinasi terkait kajian tersebut juga terus dilakukan bersama kementerian terkait.

Eva menambahkan, pihak KCIC juga turut dilibatkan dalam proses kajian tersebut. Meski demikian, dia tidak memperinci seperti apa keterlibatan atau peran KCIC dalam kajian penyusunan pra FS tersebut.

"Saat ini masih dalam proses kajian bersama untuk menyusun pra FS, jadi belum banyak yang dapat kami informasikan. Tetapi, kita selalu berkoordinasi soal ini," jelas Eva. kbc10

Bagikan artikel ini: