Rekor Terbanyak Sejak Beroperasi, Kereta Whoosh Angkut 22 Ribu Penumpang Sehari

Minggu, 30 Juni 2024 | 10:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Penumpang harian kereta cepat Whoosh mencatat jumlah penumpang tembus 22.249 orang pada Kamis (27/6/2024). Jumlah ini adalah rekor tertinggi sejak dioperasikan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, kenaikan volume pada akhir pekan ini dipengaruhi dengan momen libur sekolah yang saat ini sudah mulai berlangsung.

"Sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2024, Whoosh telah melayani sebanyak 3,5 juta penumpang. Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang baik menjadikan Whoosh sebagai moda pilihan," ujar Eva dikutip keterangan tertulis, Sabtu (29/6/2024).

Pada Kamis (27/6/2024), total penumpang yang menaiki kereta cepat buatan China itu sebanyak 22.249. Rinciannya 11.482 penumpang berangkat dari Stasiun Halim, 8.123 penumpang dari Stasiun Padalarang, dan 2.644 penumpang dari Stasiun Tegalluar.

Secara bertahap rata-rata penumpang harian Whoosh juga bertambah. Pada Juni, rata-rata jumlah penumpang Whoosh per hari mencapai 17,2 ribu penumpang.

Akumulasi penumpang Whoosh ini meningkat 3 persen jika dibandingkan rata-rata harian penumpang di Mei sebanyak 16,7 ribu atau meningkat 26 persen jika dibandingkan April sebanyak 13,6 ribu penumpang per hari.

Peningkatan ini, kata Eva, salah satunya didukung lewat penambahan perjalanan Whoosh secara bertahap. Pada awal pengoperasian hanya 14 perjalanan, kemudian 28 perjalanan, 36 perjalanan, 40 perjalanan, hingga 48 perjalanan per hari sejak Desember 2023.

"Perjalanan yang singkat, nyaman, serta memiliki ketepatan waktu yang tinggi menjadi nilai tambah kenapa masyarakat memilih Whoosh," kata Eva.

Di samping itu perusahaan juga menilai inovasi seperti batal dan ubah jadwal secara online, penerapan tarif dinamis, layanan pemesanan rombongan, Frequent Whooser Card, Contact Center, kerjasama destinasi wisata, integrasi antarmoda yang terus bertambah juga menjadi faktor-faktor penting yang mempengaruhi peningkatan jumlah penumpang Whoosh secara bertahap.

"KCIC akan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan. Harapannya, akan semakin banyak masyarakat yang akan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik yang ramah lingkungan," tandas Eva. kbc10

Bagikan artikel ini: