Mudah dan cepat, dalam hitungan jam transaksi jual dan beli di OLX Autos tuntas

Minggu, 28 Agustus 2022 | 23:09 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Semua serba digital dan online. Marketplace online menjadi pilihan banyak orang zaman sekarang untuk membeli sesuatu, termasuk mobil bekas. Tak heran, startup jual beli mobil bekas yang kini kian menjamur. Bahkan, banyak dari para pemain tersebut sudah ada mendapakan gelar unicorn, sebuah istilah yang diberikan kepada startup yang memiliki valuasi melampaui US$1 miliar.

Sebut saja Carro dan Carsome, startup asal Singapura dan Malaysia tersebut valuasinya diperkirakan sudah melampaui US$1 miliar. Selain itu, ada OLX Autos yang merupakan bagian dari grup global OLX, bagian dari raksasa teknologi yang berbasis di Belanda, Prosus dan perusahaan yang pivot dari fokus sebagai pasar sepeda motor ke mobil bekas, Moladin.

Belum lagi penjualan mobil bekas semi digital, perpaduan antara online dan offline di sejumlah kota besar Indonesia termasuk Surabaya menjamur. Di Kota Surabaya di sepanjang jalan Kertajaya berdiri puluhan show room yang menawarkan aneka tipe mobil bekas sesuai selera dan kebutuhan bisa diapatkan dengan mudah. Belum lagi di sisi wilayah lain di Kota Surabaya juga banyak berdiri show room yang menjual mobil bekas.

Lantas  apa yang menjadi alasan utama Purna Budi Nugraha lebih memilih OLX Autos ketika akan mejual mobil Brio-nya yang sudah dibeli dan dipakainya sejak 2016 lalu. Ternyata jurnalis  dan entrepreneur di salah satu media online kabarbisnis.com ini karena yakin transaksi jual dan beli mobil bekas di OLX Autos terjamin, mudah dan bisa dipercaya.

Benar saja ketika iseng-iseng pengen tahu harga di kisaran berapa pasaran Brio tahun 2016-nya dengan menghubungi  dan mengunjungi OLX Autos cabang Jemursari langsung disambut hangat tim OLX Autos untuk inspeksi. Setelah di chek speedometer, kondisi AKI, dan dalam waktu setengah jam sudah ada harga yang  ditawarkan kepada calon penjual.

“Speedometer Brio yang saya beli tahun 2016 lalu masih 38 ribu KM dan kondisi mesin juga masih  bagus. Inpection oleh tim di  OLX Autos cabang Jemursari  setengah jam langsung muncul  harga Rp 95 juta. Menurut tim OLX Autos cabang Jemursari yang terpenting dari kondisi mobil yakni speedo dan mesin bagus. Soal lecet-lecet urusan ke sekian karena bisa direpair ulang, sementara kalau speedo dan mesin berbeda,” jelas Purna Budi.

Lebih lanjut Purna Budi menambahkan setelah tim OLX Autos cabang Jemursari  menawarkan harga Rp 95 juta, saya menawarkan harga Rp 115 juta. Beberapa kali negosiasi yang saling menguntungkan akhirnya sepakat di harga di Rp 111 juta.

“Setelah sepakat harga Rp 111 juta, dan beberapa kelengkapan seperti buku panduan dan service lengkap, dalam waktu setengah jam dana tersebut ditransfer ke rekening. Benar-benar terkejut, kok secepat dan semudah itu transaksinya bisa dituntaskan. Jadi mulai inspeksi sampai transfer, hanya butuh 3 jam untuk menuntaskan trasaksi menjual mobil Brio saya. Benar-benar tidak ribet dan cepat transkasinya,” ujar Purna Budi.

Setelah pengalaman menjual Brio yang mudah dan cepat, akhirnya dalam hati kenapa tidak membelinya sekalian di OLX Autos cabang Jemursari. Akhirnya dalam waktu yang berbeda, setelah rembukan dengan istri tentang mobil yang akan dibelinya, kuncinya harus muat banyak orang karena anak-anak makin besar sehingga kalau perjalanan jauh membutuhkan ruang yang lapang dan nyaman.

“Akhirnya sepakat berencana membeli mobil Sienta dan datang ke OLX Autos cabang Jemursari. Setelah datang tim OLX Autos cabang Jemursari  memberikan beberapa pilihan mobil Sienta yang disesuakan dengan selera. Akhirnya saya memilih beli Toyota Sienta tahun 2019 dengan harga Rp 176 juta. Dalam hitungan jam setelah saya transfer, mobil sudah bisa saya bawa pulang,” ujar Purna Budi.

Purna Budi juga menjelaskan untuk proses membeli Toyota Sienta juga tidak ribet. Berbekal pengalaman menjual di OLX Autos cabang Jemursari yang begitu mudah dan cepat, saya yakin dan optimis proses membelinya juga sama karena sistimnya sudah sesuai prosedur dan tim melakukannya dengan cekatan dalam chek kondisi dan menjelaskannya.

“Dari pengalaman jual dan beli mobil bekas, memang harus hati-hati apalagi kalau tidak tahu mesin. Sangat rentan kalau beli di show room yang tidak kredibel, bisa jadi repair body bagus kenyataannya kondisi mesin tidak sesuai ekspektasi. Pilihkan perusahaan atau platform jual beli bekas yang terpercaya, salah satunya ya OLX Autos,” tegas Purna Budi. 

OLX Autos yang merupakan platform omnichannel jual beli mobil yang menggabungkan antara online dan offline experience. OLX Autos telah hadir melayani pelanggan di pasar mobil bekas Tanah Air. Kehadiran OLX Autos sendiri memang mudah diingat, sebab kala itu saat sebagian besar masyarakat di Indonesia dan globa tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19, termasuk industri mobil bekas.

OLX Autos Indonesia COO OLX Autos Indonesia Hendri Tadjuni mengatakan OLX Autos Indonesia, platform layanan berbasis teknologi yang menawarkan inovasi terkini dalam transaksi jual beli mobil bekas, kembali hadir dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini sebagai official trade in partner untuk kedua kalinya.

“Kembali hadirnya OLX Autos di GIIAS 2022 membuktikan komitmen dan kontribusi perusahaan untuk terus memperluas dan memperkuat ekosistem tata niaga industri otomotif di dalam negeri, serta memberikan kemudahan dan pelayanan yang aman, nyaman, mudah, dan cepat dalam hal jual mobil.” Menurut Hendri Tadjuni dalam 2 tahun kehadirannya di Indonesia untuk memberikan kemudahan konsumen dalam bertransaksi jual mobil bekas, saat ini OLX Autos memiliki 100 store di Indonesia. Autos akan terus berekspansi untuk memperluas ekosistem mobil bekas di Tanah dengan jaringan lebih dari 4000 mitra dan 100 inspection center di 10 kota besar yaitu Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Malang, dan Sidoarjo.

“We are here, and we are here to stay merupakan komitmen OLX Autos untuk menjadi solusi bagi konsumen yang ingin menjual mobil secara instan dan aman hanya dengan melakukan 3C yaitu cek harga, cek kondisi mobil, dan cek rekening. Melalui 3C, OLX Autos senantiasa memberikan peace of mind kepada konsumen saat proses menjual mobil dengan proses inspeksi yang menyeluruh sehingga mobil bisa cepat laku dalam 1 kali kunjungan ke inspection center di area GIIAS dengan penentuan harga terbaik sesuai kondisi mobil, dan juga proses pembayaran cepat,” jelasnya.

Selama gelaran GIIAS 2022 yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022, OLX Autos menghadirkan OLX Autos Spot yang hadir di beberapa titik, yakni di Booth Utama OLX Autos di Hall 9, OLX Autos Information Booth di Hall 1, Hall 3A, Hall 5, dan Hall 10, serta Inspection Center di Area Parkir Hall 10 untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan yang ingin menjual mobilnya di OLX Autos. “Untuk semakin memberikan kenyamanan kepada pelanggan, OLX Autos juga turut memberikan penawaran menarik dalam setiap transaksi di GIIAS 2022. Pelanggan dapat menikmati saldo digital hingga senilai Rp5 juta yang bisa didapatkan ketika berhasil menjual mobilnya di OLX Autos selama GIIAS 2022.” Kali ini OLX Autos juga menjalin kolaborasi program trade-in dengan sejumlah brand yakni BMW dan Wuling untuk memudahkan pelanggan mendapatkan mobil impiannya di ajang GIIAS 2022. Kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen OLX Autos untuk mendukung GIIAS 2022 serta mendorong roda industri otomotif Indonesia yang masih memiliki potensi sangat besar untuk terus bergerak maju, sejalan dengan tema GIIAS tahun ini yaitu, Future is Bright.

Selain itu, OLX Autos juga mengajak para siswa dari SMKN 26 Jakarta untuk hadir di event GIIAS agar bisa melihat secara langsung gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia. Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang dunia otomotif indonesia termasuk dengan potensi yang ada didalamnya kepada siswa SMKN melalui event GIIAS.

Melalui GIIAS 2022, OLX Autos optimis gelaran ini semakin memperkuat ekosistem industri otomotif di Indonesia, dan juga memperkuat bisnis OLX Autos sendiri dengan kesempatan menjangkau lebih banyak konsumen sehingga perusahaan tetap dapat mempertahankan performa kinerja yang baik. Tercatat pangsa pasar OLX Autos dari sisi penjual per Juni 2022 naik hingga 300% dibandingkan dengan sejak awal berdirinya OLX Autos pada pertengahan 2020. Saat ini, OLX Autos melayani lebih dari 5 juta pelanggan. “Konsumen yang menjual mobil mereka melalui OLX Autos pun secara langsung dapat berkontribusi dalam mendorong ekosistem industri otomotif nasional. Dengan menjual mobilnya di OLX Autos, persediaan mobil bekas akan lebih banyak sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia,” jelas Hendri.

Hendri menambahkan pada dasarnya, kinerja industri mobil bekas akan mengikuti kinerja industri otomotif di dalam negeri. Kembali hadirnya OLX Autos di GIIAS 2022 membuktikan komitmen dan kontribusi OLX AUtos untuk terus memperluas dan memperkuat ekosistem tata niaga industri otomotif di dalam negeri, serta memberikan kemudahan dan pelayanan yang aman, nyaman, mudah, dan cepat dalam hal jual mobil.

“Sebagai trade-in partner GIIAS 2022, kami berharap bisa berkontribusi dalam memberikan kemudahan kepada konsumen yang ingin membeli mobil baru tapi harus menjual mobil lama mereka terlebih dahulu dalam waktu cepat, sehingga pada akhirnya secara tidak langsung bisa berkontribusi terhadap kinerja penjualan mobil baru di GIIAS,” ujarnya. Menurutnya penjualan mobil baru pada tahun ini diyakini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya seiring dengan membaiknya daya beli masyarakat. Dengan demikian, kami sebagai pemain di industri ini berharap bahwa kehadiran kami bisa sangat mendukung penjualan mobil baru di dalam negeri melalui layanan yang kami berikan. “Selain itu, kehadiran kami di GIIAS dapat dikatakan sebagai mata rantai penjualan yang saling bersinergi dan mendukung satu sama lain serta ekosistem industri otomotif. Kami percaya, dengan kolaborasi seluruh pemain industri, transaksi mobil bekas maupun baru akan mendukung pemulihan industri otomotif lebih cepat. “

Lebih lanjut Hendri menambahkan untuk semakin memberikan kenyamanan kepada pelanggan, OLX Autos juga turut memberikan penawaran menarik dalam setiap transaksi di GIIAS 2022. Pelanggan dapat menikmati saldo digital hingga senilai Rp5 juta yang bisa didapatkan ketika berhasil menjual mobilnya di OLX Autos selama GIIAS 2022. “Selain itu, kami menghadirkan OLX Autos Spot yang hadir di beberapa titik, yakni di Booth Utama OLX Autos di Hall 9, OLX Autos Information Booth di Hall 1, Hall 3A, Hall 5, dan Hall 10, serta Inspection Center di Area Parkir Hall 10 untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan yang ingin menjual mobilnya di OLX Autos.”

OLX Autos telah memberikan kemudahan kepada sekitar lima juta pelanggan dalam waktu yang terbilang masih muda ini. Selain itu, banyak pencapaian yang diukir selama dua tahun terakhir, salah satunya adalah pertumbuhan bisnis yang meningkat signifikan.

Kini, OLX Autos sudah memiliki jaringan lebih dari 4.000 mitra dealer, 100 inspection center di 10 kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Malang dan Sidoarjo, serta memiliki 100 store di Indonesia.

OLX Autos berkomitmen untuk terus melakukan ekspansi store di berbagai daerah guna mendekatkan diri dengan konsumen dan memberikan kemudahan bertransaksi jual beli mobil bekas kepada konsumen.

Selain itu, seiring dengan campaign #PilihYangPasti, OLX Autos akan tetap senantiasa memberikan pengalaman transaksi jual-beli mobil bekas yang aman, nyaman, mudah dan cepat. Tentunya, kegiatan ini untuk memperkuat ekosistem jual beli mobil bekas dengan menjangkau lebih banyak pelanggan di Indonesia. kbc4

Bagikan artikel ini: