Kementerian BUMN Ingin BULOG Perkuat Lini Komersial

Kamis, 23 Mei 2024 | 09:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian BUMN berharap Perum BULOG bertransformasi menjadi BUMN rantai pasokan pangan yang mampu menjalankan stabilitas harga pangan sekaligus mempertajam lini komersial.

Keinginannya seperti Vina Food, BUMN sejenis dari Vietnam.Bukan hanya menjaga dan memobilisasi suplai pasokan dan mengontrol harga beras domestik selama satu tahun.Vina Food juga dipercaya mengekspor beras ke sejumlah negara.

"Kita ingin BULOG bertransformasi juga menuju perusahaan yang semakin komersial juga. Kita ingin bisnis komersial BULOG di supply chain dalam food ecosystem bisa semakin baik dan bisa bersaing dengan pemain-pemain global yang serupa di Indonesia maupun di luar negeri," kata Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam Peluncuran Transformasi Bulog di momen Malam Puncak Peringatan HUT ke-57 Perum Bulog di Jakarta, Rabu (22/5/2024) malam.

Wamen BUMN yang biasa disapa Tiko mengatakan, BULOG memiliki fungsi pilar stabilitas harga dan stok pangan di dalam negeri. Namun, juga harus dapat mengikuti perkembangan zaman dan bertransformasi di sisi komersial sehingga mampu bersaing di dalam negeri dan secara global.

"Kita ingin melihat Bulog berubah menjadi Bulog yang baru, modern yang menghadapi masa depan dengan optimisme, dan kita ingin 10 tahun ke depan Bulog bisa menjadi pemain pangan berkelas dunia," kata Tiko.

Bagi Kementerian BUMN, BULOG juga merupakan agen pembangunan di bidang pertanian dan pangan yang mempunyai tugas besar untuk memakmurkan konsumen maupun produsen.Untuk itu, Tiko mendukung sepenuhnya transformasi logo baru Perum BULOG.

Namun dia menekankan agar transformasi benar-benar berjalan secara button up, mulai dari kompetensi, business process, risk management, financial management, sampai dengan budaya, serta talent management yang harus diperbaiki secara menyeluruh.

Tiko juga mengingatkan agar perkembangan logo BULOG meningkatkan kepercayaan atas kehadiran BULOG, menempatkan posisi sebagai food supply chain Indonesia, dan meningkatkan budaya layanan baik kepada masyarakat, petani maupun konsumen.

Tiko juga berharap ke depan aspek penugasan pemerintah melalui Bapanas kepada BULOG semakin baik, semakin efisien, semakin handal dan semakin mengayomi masyarakat dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Perum BULOG Bayu Krisnamurthi mengatakan dengan adanya transformasi logo baru, akan terus memperkuat tugasnya sebagai rantai pasok pangan di seluruh pelosok Tanah Air. Pihaknya berkomitmen terus menjadi perusahaan milik negara yang terkemuka di bidang rantai pasok pangan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat sesuai dengan kepercayaan yang diberikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Karena itu, dia meminta dukungan semua pemangku kepentingan agar institusinya dapat bertranformasi menjadi perusahaan yang berintegritas, handal, semakin baik melayani kebutuhan pangan strategis masyarakat. kbc11

Bagikan artikel ini: