Potensial, KMB gencar edukasi penggunaan baja ringan di Probolinggo

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:52 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tren penggunaan rangka dari baja ringan terus meningkat. Hal itu mendorong PT Kencana Maju Bersama (KMB), sebagai distributor produk rangka baja ringan dan pendukungnya, terus agresif melakukan penetrasi pasar.

"Selain itu kami juga melakukan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya penggunaan rangka baja ringan yang telah sesuai standarisasi dengan produk yang sudah berlabel SNI (Standard Nasional Indonesia)," kata Susanto, Direktur PT KMB, Selasa (31/1/2023).

Penetrasi dan edukasi pasar mereka lakukan dengan hadir di kota-kota besar kedua di Jawa Timur (Jatim). Salah satunya di  Kota Probolinggo, dengan hadir dalam kegiatan pencatatan Musium Rekor Indonesia (MURI) kegiatan pembuatan meja lipat dari bahan baja ringan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terbanyak.

Dalam kegiatan itu, KMB memberikan support berupa produk bahan baku untuk membuat meja lipat dari bahan baja ringan yang telah sesuai SNI.

Menurut Susanto, di SMK ada bidang jurusan bangunan. "Mereka inilah yang bisa menjadi aplikator-aplikator dalam hal penggunaan rangka baja ringan. Mereka bisa dilatih untuk memahami rangka baja ringan yang sesuai SNI kemudian aplikasinya. Bisa untuk rangka bangunan, meja, dan sejenisnya," jelas Susanto.

Dalam kegiatan pencatatan MURI. KMB bekerjasama dengan Himpunan Aplikator Indonesia (HAPI) Jawa Timur untuk rangka baja ringan dan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo.

Ketua DPP HAPI, Mochamad Soleh, mengatakan, dalam kegiatan ini ada sekitar 1.026 siswa SMK yang menghasilkan 100 unit meja dari bahan rangka baja ringan. "Selain tercatat di MURI, harapannya mereka bisa menjadi aplikator rangka baja ringan yang sudah terampil dan juga tersertifikasi. Sehingga begitu lulus sekolah, mereka siap di dunia kerja," jelas Soleh.

Apalagi sebelum tampil dalam pencatatan MURI, mereka selama satu minggu mendapatkan pelatihan lebih dahulu terkait rangka baja ringan dan aplikasinya.

Sementara itu, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, memberikan apresiasinya atas kegiatan tersebut, apalagi produk atau hasil meja lipat dari bahan rangka baja ringan ini disumbangkan ke Pemkot Probolinggo.

"Kami mengucapkan terima kasih dan siap mendistribusikan kepada para UMKM - UMKM yang ada di Kota Probolinggo. Pendistribusian akan dilakukan melalui dinas terkait," pungkas Walikota.kbc6

Bagikan artikel ini: