Kementerian PUPR Siapkan 6 Proyek Rusun Senilai Rp34,03 Triliun

Selasa, 11 Juli 2023 | 15:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) mengungkapkan tahun ini terdapat enam proyek pembangunan rumah susun (Rusun) dengan total nilai investasi mencapai Rp 34,03 triliun.Salah satu diantaranya proyek pembangunan Rusun Tambak-Wedi, Surabaya.

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna menjelaskan, hanya satu proyek yang masih masuk ke dalam tahap penyiapan. Sementara lima lainnya diketahui telah masuk tahap transaksi dengan total nilai investasi Rp 33,63 triliun.

"Untuk sektor perumahan memang masih dalam proses piloting. Saat ini yang masih dalam penyiapan adalah Rusun di kota Surabaya Tambak Wedi," ujar Herry dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V, Selasa (11/7/2023).

Secara lebih terperinci, Pemerintah Daerah Surabaya nantinya akan menjadi penanggung jawab proyek kerja sama (PJPK) dalam pembangunan Rusun Kota Surabaya Tambak-Wedi.Adapun, total investasi Rusun Tambak Wedi dilaporkan sebesar Rp 400 miliar yang meliputi pembangunan tiga tower dengan 1.080 unit.

Selanjutnya, untuk lima proyek yang telah masuk ke tahap transaksi yakni, lima tower (1.879 unit) Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung dengan nilai ivestasi Rp 600 miliar.Kemudian, Rusun Sewa Karawang Spuur yang memiliki nilai investasi Rp 400 miliar.

Rusun ini nantinya akan memiliki dua tower utama dengan total unit sebanyak 1.175 unit. Di samping itu, pemerintah juga akan membangun satu tower Rusun Terintegrasi KEK SEI Mangkei yang terdiri dari 212 unit dengan nilai investasi Rp 160 miliar.

Kemudian, ada Rusun IKN Hankam WP 1A dan Rusun ASN 1B - 155 Tower dan Rusun IKN North Government WP 1A - 6 Tower yang nilai investasinya masing-masing sebesar Rp 30,8 triliun dan Rp 1,67 triliun.Lebih lanjut, sebanyak empat proyek meliputi Rusun Kota Surabaya - Tambak Wedi.

Kemudian Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung, Rusun Sewa Karawang Spuur dan Rusun Terintegrasi KEK Sei Mangkei akan dibangun menggunakan skema pembangunan menjadi prakarsa pemerintah (solicited project).

Sementara dua sisanya yakni Rusun IKN Hankam WP 1A dan Rusun ASN 1B - 155 Tower dan Rusun IKN North Government WP 1A - 6 Tower akan dibangun menjadi prakarsa badan usaha (unsolicited project).kbc11

Bagikan artikel ini: